Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Bahaya Menahan Buang Air Kecil 17 Agustus 2010

Filed under: Gaya Hidup — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 10:17 AM
kloset duduk Apakah Anda sering menahan buang air kecil? Malas beranjak dari tempat duduk, atau toilet umum yang jorok menjadi alasan umum menahannya.

Jangan membiasakan kebiasaan menahan buang air kecil. Bukan hanya ancaman menderita batu ginjal, tapi juga meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran kemih.

Suzanne Merrill-Nach, dokter ahli kebidanan di San Diego, memeringatkan bahaya itu. “Buang air kecil akan membersihkan kandung kemih dari bakteri yang berkembang biak di urin,” katanya seperti dikutip dari laman Cosmopolitan.

Artinya, mengabaikan hasrat buang air kecil ke toilet akan menyuburkan perkembangbiakan bakteri di dalam kandung kemih. Inilah yang potensial menimbulkan infeksi saluran kemih.

Menahan buang air kecil juga tidak boleh dilakukan menjelang berhubungan seksual. “Ketika kandung kemih penuh, saluran uretra lebih terbuka sehingga memudahkan masuknya bakteri dari organ intim. Ketika bakteri masuk, terjadilah infeksi saluran kemih,” ujarnya.

Menahan buang air kecil juga mengakibatkan gangguan pompa kandung kemih. Itulah usai menahannya, urin tak bisa tuntas dikeluarkan. Orang menyebutnya anyang-anyangan. Jangan sepelekan kondisi ini, karena sisa urin yang sulit keluar juga potensial memicu infeksi saluran kemih.

Urine adalah cairan sisa yang diekskresikan ginjal. Cairan berupa bahan terlarut sisa metabolisme seperti urea, garam terlarut, dan materi organik, ini akan dikeluarkan tubuh melalui proses saluran kemih. Menahannya keluar akan membuat ‘sampah’ terlarut itu mengendap dan mengganggu fungsi kandung kemih dan ginjal.

 

Menjaga Otak Tetap Tajam 14 Agustus 2010

Filed under: Gaya Hidup — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 4:47 PM

Siapapun mendambakan memiliki otak yang tetap tajam saat berusia lanjut. Rasa-rasanya tidak terbayangkan jika dimasa tuanya nanti kita harus menjalani hidup dengan kemampuan kognitif yang jauh berkurang, lupa atau sering pikun. Padahal di masa muda kita sangat aktif dan bisa melakukan banyak hal. Semua orang, tentunya termasuk Anda, ingin tetap mempertahankan kemampuan otaknya sama seperti saat diusia belia, meskipun umur mulai beranjak tua. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa Anda bisa mempertahankan ‘kinerja’ otak lebih lama. Beberapa diantaranya dengan melakukan beberapa hal seperti dibawah ini.

  1. Olah raga otak. Sama halnya dengan olah raga fisik yang bisa membuat tubuh sehat dan kuat, aktifitas otak juga membuat otak jadi tajam, ‘cekatan’ dan terus berkembang. Banyak cara untuk melakukan olah raga otak, salah satunya adalah dengan terus belajar hal –hal baru sehingga sel otak akan terus aktif, terhubung dengan sel otak lainnya, dan bisa membantu otak untuk menyimpan dan mengingat informasi lebih mudah dan cepat. Beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk terus ‘menantang’ otak Anda agar terus aktif adalah dengan bermain catur, mengisi teka-teki silang, main puzzle, membaca, belajar memainkan alat musik atau bahasa asing, menekuni hobi baru, tetap bekerja.
  2. Berolah-raga. Riset menunjukkan bahwa aktifitas fisik atau olahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak dan bisa mendorong pertumbuhan sel otak. Berapapun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk mulai berolah raga. Mulailah dengan aktifitas yang ringan terlebih dahulu lalu tingkatkan porsinya seiring dengan waktu. Idealnya olahraga dilakukan paling tidak 30 menit secara terus-menerus 3-5 kali dalam seminggu. Bila dilakukan secara teratur, olahraga bisa membantu Anda untuk berpikir lebih jernih dan menurunkan banyak resiko terkena penyakit. Jalan dan lari atau jogging adalah olah raga yang bisa dilakukan dengan mudah.
  3. Pola makan seimbang dan sehat. Dalam pola makan sehari-hari, perbanyaklah makan makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran berwarna gelap. Antioksidan membantu melindungi dan menutrisi sel-sel otak, dan mencegah kolesterol merusak arteri yang menyuplai darah ke otak. Beberapa buah dan sayur yang dianjurkan adalah jeruk, jenis beri-berian, brokoli, bayam, wortel, tomat, ubi ungu/manis dan masih banyak lagi. Sebuah penelitian menarik menyebutkan bahwa buah-buahan dan sayuran berwarna ungu seperti terong, blueberry, ubi ungu, anggur, cranberry, bisa meningkatkan daya ingat. Anthocyanin atau pigmen biru tua/ungu yang ada di buah dan sayuran tersebut mengandung zat / antioksidan yang membantu mencegah penyumbatan darah ke otak.
  4. Hindari alkohol. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering minum minuman beralkohol selama bertahun-tahun bisa mengalami kerusakan otak permanen. Mereka juga memiliki kecenderungan lebih untuk mengalami proses kehilangan memori dan dementia (kelainan kognitif yang serius)
  5. Kelola stress. Ketika Anda mengalami stress secara berkelanjutan, otak melepaskan hormone yang bisa mengganggu fungsi otak. Pada akhirnya, perasaan depresi, khawatir berlebihan, gelisah bisa mengganggu fungsi otak yang berfungsi untuk memproses memori. Biasakan untuk mengelola berbagai persoalan agar tidak berlarut-larut. Take a break walaupun hanya beberapa menit untuk rileks sebelum mencari solusi untuk masalah Anda.
  6. Berhenti merokok. Tahukah Anda bahwa perokok memiliki kemungkinan resiko terkena penyakit Alzheimer dua kali lipat dibandingkan non-perokok? Jika Anda telanjur menjadi perokok, tidak ada kata terlambat, berhenti merokok sekarang, Anda masih bisa mengurangi resiko terkena penyakit ini.
  7. Jadikan medical check up sebagai kebiasaan dan ketahui sejarah penyakit dalam keluarga Anda. Saat Anda melakukan check up kesehatan secara teratur, informasikanlah bila Anda memiliki sejarah Alzheimer dalam keluarga Anda. Dokter bisa membantu memberikan strategi lebih detail untuk mempersiapkan Anda menghadapi penyakit ini. Cek kesehatan juga membantu Anda memantau tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah.
 

4 Cara Instan Hadapi Hawa Panas Tanpa AC 25 Juli 2010

Filed under: Gaya Hidup — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 2:44 AM

Cuaca panas dan terik mungkin membuat banyak orang jengkel dan merasa lelah. Semua orang pun mencari cara agar hawa panas berubah menjadi sejuk. Maka, tak jarang mereka memilih mencari tempat yang memiliki pendingin atau AC.

Namun, seperti kita tahu, sirkulasi udara yang ada dari pendingin atau AC belum tentu sehat. Bahkan, jika terlalu sering berada di tempat ber-AC bisa membuat kulit kering.

Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hawa panas tanpa pendingin? Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari laman Modernmom.com. Selain bisa menurunkan tagihan listrik, tidak menggunakan AC juga bisa menghemat energi.

1. Tutup jendela

Membuka jendela di siang hari justru bisa membuat suasana rumah makin panas. Hal ini terjadi karena hawa panas masuk melalui jendela. Maka, lebih baik, tutup jendela di siang hari dan membuka jendela di malam hari jika udara dingin. Udara malam yang dingin bisa menyejukkan ruangan secara alami.

2. Menyantap makanan dingin

Pada hari panas, mengonsumsi makanan dingin atau mengandung air akan menurunkan suhu tubuh Anda. Semangkuk salad Israel (cincang tomat, cincang timun, bawang, minyak zaitun, lemon dan garam dan merica) adalah salah satu pilihan yang tepat. Untuk camilan, cobalah makan es krim atau menyeruput es sirup.

3. Berenang atau mandi air dingin

Aktivitas ini dijamin bisa segera menyejukkan Anda. Tapi, ada lagi solusi yang lebih cepat, yaitu, ambil es batu dan mengoleskannya pada bagian dalam pergelangan tangan Anda. Hal ini karena pembuluh darah sangat dekat dengan kulit di daerah tersebut. Anda pun akan merasakan kesejukan dalam sekejap.

4. Matikan Lampu

Bola lampu pijar tidak hanya menghasilkan banyak cahaya, tetapi banyak energi panas. Energi cahaya lampu menghasilkan rata-rata 75% energi panas. Pertimbangkan mengganti bola lampu Anda dengan tipe bola lampu yang hemat energi. Selain untuk mendinginkan ruangan, mematikan lampu yang tidak perlu juga bisa menghemat energi dan biaya.

 

Tips Anti Tilang 8 Juni 2010

Filed under: Gaya Hidup — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 10:00 PM

Sebagai bangsa pecinta damai, sudah bukan rahasia jika banyak pengguna jalan yang lebih memilih jalur ‘salaman’ jika ditilang. Tapi sesuai dengan semangat reformasi, warga Indonesia juga anti praktik KKN, menyebabkan banyak yang berusaha untuk tidak menyogok, meski tetap keberatan ditilang.

Cara yang diambil sebagai jalan tengah berbeda-beda. Berikut ini adalah tiga trik yang paling sering dicoba hingga terbukti keabsahannya. Dan trik-trik ini…TIDAK PERNAH GAGAL!

RAHASIA ANTI TILANG #1: Saya anak jendral!

Trik ni merupakan trik yang paling umum. Kadang dikombinasikan dengan pengakuan saudara atau penyelipan kartu nama pejabat kepolisian. Saat dihentikan, calon tilang memasang tampang percaya diri, dan berbicara dengan suara lantang, nada sok, penuh keyakinan.

Skenario

“Maaf bu, ibu melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”

“YA SUDAH! YA SUDAH! KAU TILANGLAH AKU SEKARANG! AYO CEPAT! TILANG SAJA!”

“Err…maaf bu, memangnya ibu..siapa ya?”

“MACAM MANA PULA KAU TANYA-TANYA SIAPA AKU! KALAU KAU MAU TILANG, YA TILANGLAH SANA!”

“Maaf bu, ibu kenal siapa?

“MEMANGNYA KALAU AKU KENAL SIAPA-SIAPA KENAPA? HAH? MAU KAU TILANG LEBIH BESAR LAGI? HAH?”

“Engga bu, lain kali hati-hati ya…”

Mengapa tak pernah gagal…Dalam ilmu psikologi, taktik ini ini berpangkal pada reverse psychology, dimana seseorang melakukan persuasi guna mengarahkan lawan bicara melakukan hal yang justru tidak diinginkan. Menyuruh pak polisi untuk menilang dengan lantang akan memicu reaktan dalam diri Pak Polisi, yaitu respon negatif saat menanggapi sebuah persuasi, sehingga bertindak justru kebalikan persuasi yang diberikan (melepaskan dan tidak menilang).

Teori psikologi ini sebenarnya berasal dari abad kuno Indonesia, dan dikenal dalam bahasa lokal sebagai teori gertak sambal, dimana seseorang mengambil peran yang mengisyaratkan kekuatan yang lebih besar dari yang sebenarnya dimiliki. Semakin banyak grey area, lawan bicara semakin ragu akan kemampuan kita sepenuhnya dan biasanya tidak berani mengambil risiko….

Karena seringnya digunakan, diperlukan kehati-hatian dalam melaksanakan trik ini. JANGAN BERBOHONG adalah kunci sukses keberhasilan. Itu termasuk: jangan mengaku saudara jika bukan saudara dan jangan memberi nomor telpon yang tidak bisa dihubungi. Ingat, kegagalan dan gerak-gerik mencurigakan bisa berbuah tilang yang lebih berat!

RAHASIA ANTI TILANG #2: Saya lagi banyak masalah, Pak!

WASPADA! TRIK INI MEMBUTUHKAN LATIHAN AKTING! Tips ini sangat cocok bagi Anda para yang mempunyai kemampuan teaterikal. Begitu polisi menyetop, Anda harus segera mulai penjiwaan. Segera telengkupkan tangan, basahi mata dengan air mata buaya, dan tarik ulur ingus sehingga terdengar seperti menangis. Sepanjang interogasi, jaga kontak mata yang minim dengan Pak Polisi, gerakkan tangan menutup muka seperti sedang depresi.

Skenario

“Maaf bu, ibu melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”

“Aduh, teserah deh, pak, bapak mau nilang saya apa gimana teserah dhe,”

“Memangnya ibu kenapa?”

“Aduh, ga usah nanya-nanya dhe, Pak, saya lagi banyak masalah nih!”

“Masalah ibu apa?”
“Pokoknya saya lagi banyak masalah! Makanya saya ga lihat tadi tuh lampu merah di depan, pikiran saya kusut! Jadi teserah deh kalau bapak mau nilang saya…” Diucapkan dengan nada frustasi dan diakhiri dengan suara lirih dan nada gantung.

“Duh, ada yang bisa saya bantu kalau lagi ada masalah?”

“Ga bisa! Bapak ga bisa bantu saya!” terkesan mau nangis, “Ga ada yang bisa bantu SAAYAA!” menangis histeris.

“Ya uda dhe kalau ibu lagi banyak masalah, lain kali hati-hati ya…”

Mengapa tak pernah gagal… Karena orang jahat selalu menang, dan ini adalah teknik yang sangat jahat. Trik ini memanfaatkan sisi baik dari seorang Polisi. Manusia pada intinya mempunyai hati nurani yang dibimbing oleh nilai moral dalam lingkungan sosial. Tiada manusia yang lahir tanpa empati akan kesusahan manusia lain, bahkan meski hanya setitik. Apalagi seorang Polisi yang diharapkan menjadi pamong masyarakat.

Taktik ini memang masih jarang digunakan, mungkin karena membutuhkan penghayatan yang mendalam dan juga karena trik ini begitu mudah dikenali. Sekali dipakai, tentunya para polisi akan selalu terkenang-kenang. Ibaratnya sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya. Bisa-bisa bagian skenario tadi dipotong menjadi:

“Ahhh!! Udah! Udah! Ga usah pura-pura! Kemarin uda ada yang pake tuh! Ibu-ibu!”

RAHASIA ANTI TILANG #3: Saya mahasiswa hukum, lho!

Jika Anda bukan mahasiswa hukum, tidak perlu jadi ragu karena membaca judulnya. Memang tidak perlu kuliah hukum sejati untuk menggunakan trik ini. Cukup kemampuan persuasi dan kegigihan mempertahankan kasus macamnya pengacara artis.

Skenario:

“Mbak melanggar pasal sekian karena sekian-sekian”

“Aduh, maaf, Pak, soalnya rambu-nya nggak kelihatan, ketutupan pohon tuu…lagian saya itu baru pertama kali lewat sini, jadi saya kurang paham sama jalanannya…”

“Ya tapi nggak bisa gitu dong, Mbak tetap melanggar dan harus ditilang”

“Wah, nggak bisa langsung ditilang gitu, pak! Kan saya sudah bilang tadi alasannya, rambunya tidak kelihatan karena ketutupan pohon, jadi sebenarnya kesalahan bukan di pihak saya. Saya ini mahasiswa hukum lho, pak! Masyarakat sadar hukum! Saya tahu benar pasal-pasal dan penerapannya, bahwa kalau pelanggaran karena rambu yang tidak jelas, tidak bisa dikenakan sanksi!”

“Memang aturannya seperti itu kok, melanggar ya kena sanksi!”

“Nahh, itu dia, apalagi saya tadi sudah minta maaf karena pertama kali lewat. Saya ini mahasiswa hukum, Pak, jadi saya tahu aturan persidangan. Saya jelas tidak bersalah karena saya tidak diinformasikan sebelumnya bahwa apa yang saya lakukan itu salah. Rambu tidak jelas. Saya pertama lewat. Siapa yang bisa memberi tahu saya?”

“Justru ini saya stop dan saya beritahu, Mbak melanggar!”

“Benar sekali, terimakasih, Pak, tugas seorang polisi memang untuk membimbing anggota masyarakatnya agar patuh peraturan. Karena itu sekarang saya jadi tahu disini ga boleh belok, dan lain kali tidak melanggar.”

“Tapi yang ini tetap ditilang!”

“Wah, saya yakin bapakpun sebagai penegak hukum juga belajar hukum seperti saya di fakultas hukum. Pelanggaran kali ini tidak kena tilang, pak, tapi berikutnya jika saya melanggar lagi, saya harus ditilang. “

“Ya sudah ngomong sana di sidang tilang!”

“Sekali lagi pak, saya ini sudah hampir lulus dari fakultas hukum, berarti saya menguasai materi hukum! Coba bapak liat klo ga percaya, ini kartu mahasiswa saya, FAKULTAS HUKUM angkatan tahun ini lulus. Menurut yang saya pelajari, tidak semua pelanggaran harus masuk tahap persidangan, jika sudah diberikan alasan yang valid atas pelanggaran. Saya sudah memberikan alasan saya. Saya bahkan tidak menyalahkan aparat yang meletakkan rambu di tempat yang tidak terlihat.”

“Ya sudah sana pergi!”

Mengapa tak pernah gagal… tidak ada teori psikologi di balik tips ini, kecuali pemahaman bahwa kejiwaan manusia bisa terganggu kalau mendengar suara yang memekakan telinga terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Polisi pun juga manusia, yang bisa gila mendengar rentetan alibi tak henti oleh suara yang tak enak didengar.

Tentunya tips-tips tersebut tidak bermaksud menghina lembaga kepolisian. Kami pun pernah menikmati buah reformasi birokrasi saat mengurus SIM, surat tabrakan dan ditilang. Ramah-cepat-tidak mahal. Justru semua tips ini ditulis supaya pihak berwenang dapat menghindari orang-orang yang suka ngemplang tilang. Ada lagi yang mau membantu upaya penegakan hukum?

 

‘Peterporn’ Geser Popularitas Justin Bieber

Filed under: Gaya Hidup — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 9:55 PM

Peterporn’, sekilas kata ini cukup aneh. Namun tak bisa dihindari, justru kata tersebut mendadak booming di dunia maya khususnya di Twitter. Usut punya usut, kata tersebut berasal dari band yang digawangi Ariel, Peterpan.

Ini bermula setelah Selasa (08/06/10) pagi muncul video hot yang diduga mirip Ariel dan Cut Tari di dunia maya – setelah sebelumnya tampil video porno mirip dirinya dengan Luna Maya juga.

Karuan saja, nama Peterpan yang terlanjur melekat di sosok vokalis bernama asli Nasriel Irham tersebut diplesetkan Tweeps menjadi Peterporn. Dan saking cepatnya teknologi, Peterporn langsung melejit dan menjadi urutan pertama Trending Topics mengungguli topik-topik umum yang saat ini sedang hot termasuk iPhone 4 dan bahkan Cut Tari sendiri.

Memang bukan prestasi yang patut dibanggakan. Tapi hal ini bisa dibilang unik karena hanya dalam beberapa menit saja Peterporn mampu mengalahkan kedahsyatan penyanyi remaja Justin Bieber.

Entah siapa yang memulainya, yang pasti saat ini jutaan orang akhirnya tahu arti kata tersebut. Beberapa pengguna Twitter pun sempat bingung, kenapa kata ini bisa begitu terkenal hingga menjadi Trending Topics.

“Kenapa TT nya harus ariel peterporn?-_-” tulis seorang user.

 

Manusia Akar Pilih Pengobatan Alternatif

Filed under: Gaya Hidup — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 9:30 PM

Tim dokter RSHS Bandung yang menangani Dede “Manusia Akar” menyatakan tidak akan bertanggung jawab atas tindakan keluarga yang mencoba menyembuhkan Dede dengan pengobatan alternatif.

Kabar terakhir menyebutkan, karena kutil di badannya tidak kunjung sembuh, pihak keluarga mengolesi kutil Dede dengan minyak tanah dari Lampung dan sejenis tepung.

“Saya mendapatkan kabar bahwa Dede si ‘manusia akar’ menggunakan minyak tanah dari Lampung. Katanya itu obat tradisional. Kalau ada apa-apa dengan kesehatan dia, itu di luar tanggung jawab kami,” kata anggota tim dokter RSHS Bandung, dr Rachmat, Senin (7/6/2010).

Ia menjelaskan, di dalam minyak tanah terkandung racun dan itu bisa membahayakan kesehatan Dede. Pihaknya menyayangkan sikap keluarga Dede yang memberikan obat sembarangan kepada Dede.

“Mungkin keluarga mendengar ada obat tradisional yang bisa menyembuhkan kutil Dede. Tetapi kami sangat menyayangkan sekali. Sebaiknya kalau mau pakai obat harus ada bukti medis. Sebaiknya jangan memakai obat sembarangan,” ujar Rahmat.

Ia menyarankan agar keluarga Dede membawa Dede untuk kontrol ke RSHS. “Kalau memang obat salepnya habis, tinggal datang saja ke sini (RSHS Bandung). Dede juga bisa kontrol kapan saja ke RSHS tanpa harus menunggu telepon dari RSHS,” katanya.

Operasi terakhir, atau yang ke-10, Dede “Manusia Akar” dilakukan pada bulan April 2010. Namun, seusai operasi tersebut, kutil di bagian tangan dan kaki Dede tumbuh kembali dan membuat pihak keluarganya memberikan obat tradisional berupa minyak tanah dari Lampung dan dibalur oleh tepung.

 

Seto Mulyadi Sesalkan Munculnya Fenomena Balita Merokok 5 Juni 2010

Filed under: Gaya Hidup — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 12:05 PM

Mantan Ketua Komnas Anak Seto Mulyadi menyesalkan munculnya fenomena sejumlah anak di bawah usia lima tahun yang telah merokok dan terkesan dibiarkan begitu saja sehingga perilaku tersebut tetap dilakukan oleh sang anak.

Seto dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA menyebutkan, fenomena tersebut jelas bukan gambaran ideal bagi orang tua atau keluarga yang seharusnya melindungi anak-anak agar tidak terjerumus pengaruh rokok yang dapat mengganggu hak hidup dan tumbuh kembangnya.

Terdapat sejumlah kasus di mana terdapat balita yang sehari-hari telah terbiasa merokok.

Misalnya adalah bocah berinisial SAS yang baru berusia 4 tahun di Malang, Jawa Timur, dan bocah berinisial AR yang baru berusia 2 tahun di Desa Teluk Kemang, Munyi Banyu Asin, Sumatera Selatan.

Bahkan, AR dilaporkan oleh sejumlah media telah sanggup menghabiskan hingga sebanyak 40 batang rokok per hari.

Perilaku itu disinyalir antara lain karena ada sikap permisif dan ketidakpedulian dari keluarga dan orang dewasa di sekitar anak akan bahaya merokok.

Padahal, ujar Seto Mulyadi , rokok telah lama diketahui mengandung ribuan zat berbahaya yang jika diserap anak-anak dapat mengganggu tumbuh kembang anak seperti anak seperti perkembangan paru-paru lambat, inteligensi kurang, infeksi saluran nafas, infeksi telinga, dan asma.

Seto memaparkan, dalam empat tahun terakhir, tingkat prevalensi anak-anak merokok meningkat hingga 400 persen.

 

 
%d blogger menyukai ini: