Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Alasan Jangan Minum Obat dengan Sendok Biasa 19 Juli 2010

Filed under: Sebuah Pengetahuan — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 12:39 AM

Selama ini obat dalam bentuk sirup untuk anak atau dewasa, sering diberikan dengan menggunakan sendok teh atau sendok kecil. Hal ini ternyata berisiko menimbulkan overdosis obat pada anak.

Menurut penelitian tim dari Alfa Institute of Biomedical Sciences di Athena, Yunani, sendok teh memiliki beragam ukuran dari 2,5 ml hingga 7,5 ml. Jika memberikan obat dengan takaran sendok teh atau sendok lainnya, artinya anak-anak bisa mengonsumsi obat dengan dosis tidak akurat. Maka itu, sangat disarankan menggunakan sendok takar khusus dengan petunjuk ukuran untuk memberikan obat.

Orangtua juga juga harus berkonsultasi tentang kemasan obat untuk memastikan anak diberikan dosis yang tepat sesuai usia mereka. Tim meneliti 49 sendok teh yang dikumpulkan dari 25 rumah tangga.

Dari penelitian diketahui para orang tua menggunakan salah satu sendok teh terbesar untuk anak, akan memberikan 192 persen obat lebih banyak dibandingkan yang menggunakan sendok teh terkecil. Beberapa sendok ukurannya dua kali lebih besar dari yang lain.

Penelitian yang dipublikasi dalam International Journal of Clinical Practice, mengungkapkan, tidak hanya ada risiko overdosis, namun beberapa anak dapat diberikan obat-obatan dalam dosisi yang terlalu sedikit. Akibatnya, penyakit yang diderita bisa tak kunjung sembuh.

“Sendok teh dan sendok makan bukan peralatan yang tepat untuk menakar dosis obat. Keduanya dalam waktu dekat tidak akan direkomendasikan lagi,” kata salah seorang peneliti, profesor Matthew Falagas, seperti dikutip dari Daily Mail.

“Kami menemukan variasi ukuran sendok di banyak rumah tangga. Dosis dan pemberian obat untuk anak-anak berbeda dari orang dewasa. Para dokter anak perlu menyesuaikan dengan umur dan berat badan. Hal ini memang membuat anak-anak dianggap lebih rentan terhadap kesalahan dosis daripada orang dewasa,” katanya menambahkan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s