Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Rekonsiliasi Mengambang 23 Mei 2010

Filed under: Kabar Berita — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 2:08 AM

Perdana menteri Thailand menjanjikan penyelidikan independen terhadap semua kejadian yang berhubungan dengan protes kelompok Kaus Merah. “Sesama warga negara, kita tinggal di rumah yang sama. Sekarang, rumah kita ini dirusak. Kita harus membantu satu sama lain,” kata Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva dalam siaran televisi nasional.

“Tentu kita bisa memperbaiki infrastruktur dan bangunan yang rusak, tapi yang terpenting adalah menyembuhkan luka emosional dan mengembalikan kesatuan di antara orang-orang Thai,” lanjut PM didikan Oxford itu dalam pidatonya yang emosional.

Menurut Abhisit, aparat sudah berhasil mengamankan Bangkok. Tentara, Rabu lalu, menerobos perkemahan kelompok protes Kaus Merah setelah sepekan terjadi pertempuran jalanan. Penggerebekan itu adalah klimaks dari dua bulan aksi kekerasan.

Abhisit mengakui bahwa ada tantangan besar di depan untuk menjembatani perpecahan politik itu. Cara-cara penyelesaiannya ia tuturkan dalam lima poin. “Rencana itu berdasar pada prinsip partisipasi, demokrasi, dan keadilan,” ujarnya.

Poin-poin itu meliputi reformasi ekonomi dan media yang bertujuan mengurangi perbedaan sosial dan ekonomi di masyarakat Thailand. Sesuatu yang menjadi isu utama para pemrotes. Tetapi, Abhisit tidak menyebut kemungkinan pemilihan umum, sebuah permintaan kunci dari kelompok Kaus Merah.

Jumat pagi ini, Menteri Keuangan Korn Chatikavanij mengatakan tawaran awal Abhisit untuk mengadakan pemilu pada 14 November masih ditahan sampai letupan politik mereda, dan kondisi keamanan stabil secara nasional.

Menurut Abhisit, pemerintah akan memberikan waktu pada proses hukum dan demokrasi parlemen untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan partisipasi semua orang Thailand. “Di saat yang sama, rencana itu termasuk investigasi independent terhadap semua kejadian saat protes,” katanya tanpa menjelaskan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s