Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Belum Ada Laporan Kerusakan Akibat Gempa 6,0 SR 18 Mei 2010

Filed under: Kabar Berita — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 11:32 PM

Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter yang terjadi di wilayah Jawa Barat, Selasa sekitar pukul 18.59 WIB sempat membuat panik warga yang merasakan goncangannya, namun hingga pukul 19.50 WIB belum ada laporan kerusakan bangunan.

“Guncangan gempa dirasakan merata di wilayah Jabar, terutama di kawasan Sukabumi, hingga Ciamis. Kami belum mendapat laporan ada kerusakan akibat gempa yang terjadi beberapa waktu lalu,” kata Sugiarto, staf Pengamatan Stasiun Gempa Bumi BMKG di Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan data gempa bumi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, sumber gempa berlokasi di 8,22 Lintang Selatan dan 107,21 Bujur Timur atau 147 kilometer tenggara Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 13 kilometer.

Gempa yang terjadi di laut lepas itu termasuk gempa dangkal, namun berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Getaran gempa tersebut dirasakan merata oleh warga di Kawasan Bandung dan sepanjang pantai selatan dari Sukabumi hingga Tasikmalaya dan Ciamis Jawa Barat.

Bahkan di beberapa tempat, gempa bumi tersebut membuat panik warga yang berhamburan ke luar rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal sama juga terjadi di beberapa mal di Kota Bandung seperti Braga City Walk, ITC, BIP dan beberapa mal lainnya. Pengunjung berhamburan turun dan berhamburan ke luar dari bangunan mal itu.

“Gempa sangat terasa dan pengunjung mal di sini panik dan bergegas turun dan keluar dari bangunan mal. Beruntung guncangan hanya beberapa detik saja sehingga suasana tenang kembali,” kata Adjat, salah seorang pengunjung Braga City Walk.

Hal sama juga terjadi di pusat penjualan elektronik BEC di Jalan Purnawarman Kota Bandung. Pengunjung yang rata-rata masih trauma dengan peristiwa gempa yang terjadi pada 2 September 2009 itu berhambur ke luar dari mal.

Sejumlah warga di Kabupaten Bandung juga banyak yang ke luar rumah untuk menyelamatkan diri menghindari hal yang tidak diinginkan. Peristiwa gempa berkekuatan 6,7 SR yang terjadi di penghujung 2009 lalu masih membekas diingatan mereka.

“Semua warga ke luar rumah dan berkerumun di lapangan, hingga benar-benar tak ada lagi gempa,” kata Ny Lina, warga Ciparay Kabupaten Bandung.

Gempa juga dirasakan warga di Kota Tasikmalaya. Sama halnya seperti di Bandung warga di kawasan itu juga sempat panik dan berhamburan ke luar rumah.

Masyarakat Jawa Barat memang masih trauma dengan aktivitas gempa bumi pascakejadian gempa bumi dahsyat yang terjadi tahun lalu di provinsi itu yang mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia dan merusak puluhan ribu rumah penduduk.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s