Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Ratusan Rumah di Sibolga Tergenang Banjir 12 Mei 2010

Filed under: Kabar Berita — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 12:47 AM

Ratusan rumah di Kelurahan Muara Pinang dan Pasir Bidang, Sibolga, Sumatra Utara, Selasa (11/5), terendam banjir. Banjir dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah ini selama beberapa jam dan buruknya sistem drainase.

Akibat banjir, aktivitas warga terganggu. Bahkan, bila banjir berlanjut hingga Rabu (12/5), pemungutan suara pemilihan Wali Kota Sibolga di kedua kelurahan tersebut terancam gagal karena semua tempat pemungutan suara terendam.

Meski rumah terendam, warga tidak mengungsi. Mereka hanya memindahkan perabotan rumah tangga ke tempat aman.

Sementara itu, meski hujan tidak turun, kawasan Pelabuhan Tanjungemas, Semarang, Jawa Tengah, tergenang banjir air pasang atau rob. Akibatnya, bongkar-muat di pelabuhan terganggu. Rob juga menyebabkan perkantoran dan rumah-rumah di Semarang Barat tergenang. Di Bandarharjo, misalnya ratusan rumah tergenang air.

Upaya warga membangun tanggul secara swadaya gagal menghentikan rob. Ditengarai, rob yang kian parah akibat reklamasi atau pengurukan pantai oleh salah satu perusahaan. Meski diprotes warga Bandarharjo, proyek reklamasi hingga kini tetap berjalan.

Di Lumajang, Jawa Timur, sebagian korban banjir di Desa Rowokangkung kini terserang berbagai penyakit seperti batuk, demam, diare, dan gatal-gatal. Penyakit tersebut muncul menyusul banjir yang sudah dua hari melanda. Hingga kini, bantuan dari pemerintah daerah setempat belum datang, termasuk bantuan pengobatan. Banjir terjadi akbat meluapnya Sungai Kalibanter menyusul turunnya hujan lebat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s