Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Guncangan Gempa Terasa Juga di NTT 8 Mei 2010

Filed under: Kabar Berita — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 7:55 PM

Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter yang mengguncang Kabupaten Raba di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu siang, dirasakan pula getarannya oleh masyarakat di Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat di Kota Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur dan Weetabula di Kabupaten Sumba Barat Daya serta barat laut Labuanbajo di ujung barat Pulau Flores, NTT, sangat merasakan guncangan gempa tersebut, kata Kepala BMKG Kupang Maryanto di Kupang, Sabtu.

Ia mengemukakan berdasarkan hasil pencatatan alat deteksi gempa pada sejumlah wilayah di NTT menyebutkan gempa berkekuatan 5,9 SR itu berada berada pada posisi 8,09 LS dan 118,27 BT dengan pusat gempa di laut, sekitar 68 km barat laut Raba, Sumbawa Besar, NTB.

Posisi pusat gempa ini berjarak tidak jauh dari Waingapu dan Weetabula di Pulau Sumba, NTT sehingga getarannya sangat dirasakan oleh masyarakat di pulau itu.

Gempa tektonik itu tidak menimbulkan korban jiwa, sedang kerusakan bangunan sampai kini masih dalam pendataan oleh masing-masing daerah.

Maryanto mengemukakan sebelum terjadinya gempa di Raba, NTB, sehari sebelumnya juga terjadi di wilayah barat daya Kupang dengan kekuatan 5,0 SR berada pada kedalaman 10 km.

Gempa tersebut sama sekali tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan korban jiwa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s