Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Tegakkan Keadilan dengan Hati 4 Mei 2010

Filed under: Kabar Berita — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 7:54 PM

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta penegak hukum untuk memberikan perhatian khusus ketika menjatuhkan hukuman kepada kelompok marjinal, seperti anak-anak, lanjut usia, dan kaum miskin. “Menegakkan keadilan tidak cukup hanya dengan pikiran, tapi juga harus menggunakan hati,” kata Presiden Yudhoyono pada pembukaan rapat koordinasi dan konsultasi penegak hukum di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5).

Dalam pidatonya, Presiden Yudhoyono menyebutkan, hukuman tidak tepat karena terlalu berat atau ringan sebagai salah satu masalah utama dalam bidang penegakan hukum. “Pemerintah telah menetapkan kebijakan keadilan untuk semua, tentu ini dengan tetap menghormati kewenangan dan independensi penegak hukum,” tuturnya.

Presiden mencontohkan, hukuman kepada anak-anak atau orang lanjut usia yang melakukan kejahatan karena terdorong kesulitan hidup kerap dihukum lebih berat dibandingkan pelaku pembalakan hutan. Hal itu, lanjut Presiden, tentu merusak rasa keadilan masyarakat.

Presiden mengaku, ia menerima lebih dari tiga juta pesan pendek dan seratus ribu laporan pengaduan dari masyarakat yang sebagian besar ingin mencari keadilan. Menurutnya, mereka tidak tahu harus ke mana lagi mencari keadilan sehingga akhirnya memutuskan mengadu kepada Kepala Negara. Presiden mengingatkan para penegak hukum, untuk tidak meringankan hukuman seseorang karena tergoda uang sogokan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s