Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Harta Karun dari Perairan Cirebon Besok Dilelang 4 Mei 2010

Filed under: Kabar Berita — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 6:45 PM

akarta: Harta karun dari bangkai kapal berusia sekitar 1.000 tahun ditemukan di perairan Cirebon, Jawa Barat. Rencananya, barang-barang berupa keramik kerajaan Tiongkok, logam, cula, emas, tulang, 39 jenis barang, arca, dan batu-batuan, itu akan dilelang Rabu (5/5) besok. Demikian dikatakan Sekertaris Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil, Kementrian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad di Jakarta, Selasa (4/5).

Sudirman mengatakan, harga jual harta karun itu minimal sebesar US$ 80 juta. Pemerintah mendapat bagian 50%, jelasnya, sedangkan 50% lainnya untuk investor sebagai penggali. “Pengangkatan harta karun itu menelan biaya US$ 10 juta,” katanya.

Dari total 272.000 artefak yang diangkat dari perairan Cirebon itu, kata Sudirman, 976 di antaranya dinyatakan sebagai koleksi negara. Sedangkan 271.000 lainnya, tambahnya, akan dilelang secara lot atau tidak dijual secara satu per satu atau ketengan.

“Sejauh ini sudah ada 20 peminat. Mereka dari Singapura, Cina, Hongkong, Malaysia, dan Jepang. Namun belum satu pun yang menyetor deposit, sehingga lelang tetap akan dilakukan esok,” papar Sudirman. “Jika tidak ada yang memberi deposit, maka batal terjual

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s