Tigor Abadi Pijarkan Matahari

Melangkah Untuk Mencari Arti Kehidupan Yang Sebenarnya

Batik Motif Geomotric dan Non Geometric 29 Juli 2010

Filed under: Sebuah Pengetahuan — Tigor Abadi Pijarkan Matahari @ 4:52 PM

Batik: Geometric Motif

Jangan ngaku orang Indonesia kalo ngga kenal yang namanya Batik. Batik merupakan warisan budaya yang adi luhung. Kain khas Indonesia ini (asli Indonesia loh! BUKAN Malaysia) sudah terkenal hingga ke manca negara. Menurutku, keindahan batik ini salah satunya karena keindahan design/polanya. Ada macam-macam pola batik, baik yang tradisional maupun modern. Untuk pola batik tradisional antara lain seperti yang bisa dilihat di gambar atas (merupakan pola batik geometris)

Baris atas, dari kiri adalah pola batik Sidomukti, trus yang tengah Gagak Seta (ada hubungannya ma burung gagak ngga ya?!) ‘n yang pinggir kanan, yang gambar bunga-bunga kecil itu namanya Tanjung Gunung. Sedangkan pada baris kedua, dari kiri ke kanan berturut-turut adalah: Kawung (aku suka ni pola, sederhana tapi bagus juga), Abimanyu (kok kaya’ nama tokoh pewayangan ya?!) ‘n Semar Mesem (Semar tu salah seorang tokoh punakawan dalam cerita wayang, sedangkan Mesem tu dalam bahasa Indonesia artinya tersenyum. Jadi… Semar yang lagi tersenyum. Lahh… bingung aku, apanya yang kaya Semar lagi tersenyum?! Au ahh… tanya aja ma penciptanya). Di baris ketiga adalah pola batik Gringing (Gringing apa Grinjing ya?! Atau jangan-jangan malah bukan dua-duanya. Waduh!!) Mohon maaf, untuk nama yang satu ini perlu aku konfirmasi dulu, ‘coz tulisannya ngga jelas, jadi mungkin ada kesalahan. Atau barangkali ada yang tau nama pola batik yang satu itu?!

Selain pola-pola tsb, masih banyak lagi pola yang lain. Maklumlah aku bukan ahli perbatikan, jadi ngga bisa nulis panjang lebar tentang batik. Pengetahuan yang cuma sedikit ini aja aku dapat waktu dolan ke Museum Sonobudoyo. Pinginnya kapan-kapan bisa maen ke Museum Batik, biar dapat informasi yang lebih banyak. ‘n pinginnya lagi bisa sekalian kursus membatik, kaya’nya aseek tuch.

Batik: Non Geometric Motif

Masih tentang pola batik, berikut ini adalah contoh-contoh pola batik yang non geometris. Baris atas, dari kiri ke kanan, Peksi Dares (dalam bahasa Indonesia, peksi artinya burung. Kalo dares apa yach?! Aku ngga tau hehehe…). Selanjutnya adalah Imo Krenda ‘n Kelengan. Trus di baris bawah, dari kiri ke kanan: Jago Cirebonan (ini motif batik Cirebon. Setauku, batik ada yang dari Pekalongan, Yogyakarta, Surakarta/Solo, Cirebon, Lasem). Di sebelah Jago ada Semen Gurdho, trus Kapal Api (bisa dilihat khan bentuk kapalnya?! Itu yang di bagian atas itu lohh). Tentunya masih banyak lagi pola-pola yang lain, selain yang disebutin di atas. Memang bangsaku adalah bangsa yang kreatif…

 

2 Responses to “Batik Motif Geomotric dan Non Geometric”

  1. Ratna Says:

    Kurang paham


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 799 pengikut lainnya.